About

Compare hotel prices and find the best deal - HotelsCombined.com

Blogger news

Rabu, 25 Januari 2012

Strategi Menghadapi Ujian

Wuuuiiiihhh……sebentar lagi siswa kelas VI (SD/MI), siswa kelas IX (SMP/MTs) dan siswa kelas XII (SMA/SMK/MA akan menghadapi Ujian Nasional……..gimana nih….sampean sudah siap pa belum?......
Sementara di setiap sekolah mulai giat-giatnya mengadakan tambahan pelajaran/les dan TRY OUT. Buku-buku yang berhubungan dengan UNAS juga di jual bebas di toko-toko buku. Lembaga Bantuan Belajar juga sudah menyiapkan strategi jitu untuk menghadapi UNAS. Nah….ini semua bertujuan membantu sampean semua sebagai siswa untuk dapat lebih berkonsentrasi dalam belajar dan pada akhirnya siap untuk menghadapi UNAS.
Hasil akhirnya adalah nilai UNAS yang memuaskan bagi semua pihak.
Namun persiapan menghadapi UNAS tak hanya mencakup kesiapan otak, tetapi juga fisik, mental, maupun kelengkapan administrasi. Beberapa siswa menghadap dan bertanya kepada saya, mereka bilang,”Pak….saya takut…gimana ntar kalo saya tidak lulus….beri saran dong pak!”.
Berikut tips yang bisa dilakukan dalam menghadapi UNAS yang mungkin bias sampean laksanakan :

1.  Belajar dengan cara terbaik
Tiap orang punya gaya belajar yang berbeda-beda. Ada yang menyukai belajar sendirian sambil mendengarkan musik, ada juga yang menyukai suasana hening ketika belajar. Ada pelajar yang memanfaatkan pagi hari sebelum sekolah atau siang pulang sekolah untuk belajar, ada juga yang lebih tenang belajar ketika malam. Semua itu adalah pilihan agar hasil belajar sampean maksimal.

2.  Konsultasi dengan guru dan teman
Kita akan makin mengerti satu topik pelajaran bila berkonsultasi dengan guru atau teman yang lebih mengerti. Sampean juga bisa memanfaatkan kelompok belajar, ya….kelompok belajar sebagai ajang diskusi dan memperdalam suatu materi pelajaran.

3.  Ikut bimbingan belajar
Biasanya, menjelang ujian, pelajar aktif mengikuti bimbingan belajar, baik itu yang diselenggarakan oleh sekolah, maupun oleh lembaga bimbingan belajar di luar sekolah.

4.  Rajin berlatih soal
Satu trik jitu agar sukses UNAS adalah dengan memelajari soal-soal UNAS tahun sebelumnya dan menekuni prediksi soal UNAS tahun ini. Biasanya, kumpulan soal UNAS ini dijual beserta pembahasannya.
Berlatihlah mengerjakan soal-soal ini minimal satu jam setiap harinya. Kemudian, cocokkan jawabanmu dengan kunci jawaban yang disediakan. Semakin sering berlatih, maka sampean akan semakin terbiasa menghadapi soal-soal ujian. Dengan begitu, enggak ada alasan lagi untuk tidak bisa mengerjakan soal UNAS kan?

5.  Ikuti Try Out
Dengan mengikuti try out (uji coba) kamu bisa mengukur kemampuanmu menghadapi UNAS. Ada lembaga bimbingan belajar yang menyelenggarakan try out berkala tiap minggu untuk melihat perkembangan tiap siswa dalam menghadapi UNAS.

6.  Cek peralatan ujianmu!
Siapkan perlengkapan yang dibutuhkan untuk ujian. Simpan baik-baik kartu tanda ujianmu, jangan sampai hilang, ya!..... Alat tulis yang biasa dipergunakan adalah pinsil 2B, siapkan juga cadangannya. Selain itu, kamu juga perlu membawa balpoin, penghapus pinsil, rautan pinsil, penggaris, dan alas ujian (biasanya sudah disiapkan oleh masing-masing sekolah).

7.  Jaga kesehatan
Perhatikan asupan gizi dalam makanan yang sampean konsumsi. Jangan makan sembarangan supaya sampean terhindar dari sakit yang akan menghambat persiapanmu menghadapi UNAS. Selain menjaga makanan, berolahraga secara teratur juga membantu tubuh untuk tetap bugar.

8.  Rileks
Jangan biarkan stres menguasaimu…..apalagi untuk mereka yang sudah mengenal lawan jenis, tahan diri dulu…… Untuk menghindari stres, luangkanlah sedikit waktu untuk refreshing. Kamu bisa menonton televisi, membaca buku, mendengarkan musik, atau melakukan hal-hal yang kamu sukai dan bersifat positif.

9.  Berdoa
Setelah semua persiapan sampean lakukan, jangan lupa berdoa, sumkem pada orang tua agar ujianmu lancar. Ingat juga untuk minta kedua orangtuamu mendoakan usahamu ya!......
Baiklah……mungkin coretan ini dapat membantu sampean semua, dan do’a saya semoga sampean lulus dan tidak hanya sekedar lulus……

Semoga berhasil…!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar